Langsung saja OTOMOTIFsong akan
membahas satu persatu cara mempercepat atau menambah kecepatan pada
sepedamotor.
1. Mengurangi Berat Piston
Piston adalah
komponen mesin reciprocating, pompa reciprocating, kompresor gas dan silinder
pneumatik, di antara mekanisme serupa lainnya. Ini adalah komponen bergerak
yang terkandung oleh silinder dan dibuat dikencangkan dengan gas oleh ring
piston. Di dalam mesin, tujuannya adalah untuk mentransfer kekuatan dari
perluasan gas ke dalam silinder ke poros engkol melalui batang piston dan /
atau batang penghubung. Dalam sebuah pompa, fungsi dibalik dan gaya dipindahkan
dari poros engkol ke piston untuk tujuan mengompres atau mendepak cairan di
dalam silinder. Di beberapa mesin, piston juga berfungsi sebagai katup dengan
menutup dan mengungkap port di dinding silinder.
Mesin pembakaran internal
Piston mesin pembakaran internal, dipotong untuk menunjukkan pin gudgeon.Mesin pembakaran internal ditindaklanjuti oleh tekanan gas pembakaran yang meluas di ruang ruang bakar di bagian atas silinder. Gaya ini kemudian bertindak ke bawah melalui batang penghubung dan ke poros engkol. Batang penghubung terpasang pada piston oleh pin gudgeon yang berputar (AS: pin pergelangan tangan). Pin ini dipasang di dalam piston: tidak seperti mesin uap, tidak ada batang piston atau headhead (kecuali mesin dua tak besar).
Pin itu sendiri adalah baja yang mengeras dan dipasang di piston, tapi bebas bergerak di batang penghubung. Beberapa desain menggunakan desain 'full floating' yang longgar di kedua komponen. Semua pin harus dicegah agar tidak bergerak menyamping dan ujung pin digali ke dinding silinder, biasanya dengan circlips.
Penyegelan gas dilakukan dengan menggunakan cincin piston. Ini adalah sejumlah cincin besi sempit, dipasang longgar ke alur di piston, tepat di bawah mahkota. Cincin-cincin itu terbelah pada satu titik di pelek, memungkinkan mereka menekan silinder dengan tekanan pegas ringan. Dua jenis cincin yang digunakan: cincin atas memiliki permukaan padat dan menyediakan penyegelan gas; Cincin rendah memiliki tepi yang sempit dan profil berbentuk U, untuk bertindak sebagai pencakar minyak. Ada banyak fitur desain proprietary dan detail yang terkait dengan ring piston.
Piston dilemparkan dari paduan aluminium. Untuk kekuatan dan kelelahan yang lebih baik, beberapa piston balap bisa dipalsukan. Piston awal terbuat dari besi tuang, tapi ada manfaat nyata untuk menyeimbangkan mesin jika ada paduan ringan yang bisa digunakan. Untuk menghasilkan piston yang bisa bertahan pada suhu pembakaran mesin, perlu dikembangkan paduan baru seperti paduan Y dan Hiduminium, khusus untuk penggunaan sebagai piston.
Beberapa mesin gas awal [i] memiliki silinder double-acting, namun sebaliknya secara efektif semua piston mesin pembakaran internal bertipe tunggal. Selama Perang Dunia II, kapal selam AS Pompano [ii] dilengkapi dengan prototipe H.O.R. yang sangat tidak dapat diandalkan. mesin diesel double-acting two-stroke. Meski ringkas, untuk digunakan di kapal selam yang sempit, desain mesin ini tidak terulang.
Memang terkadang berat piston
membuat mesin motor harus bekerja lebih ekstra. Dengan cara mengurangi berat piston,
dengan begitu kinerja mesin motor menjadi lebih ringan dan akan membuat laju
motor menjadi lebih kencang dan cepat.
2. Memperluas Lubang Pembilasan
Prosers
pencampuran antara gas dan udara yang masuk pada ruang pembakaran memang cukup
berpengaruh terhadap tenaga motor yang dihasilkan. maka yang harus dilakukan
adalah dengan memperluas lubang pembilasannya.
Karena
semakin banyaknya gas yang masuk, maka semakin baik juga kepadatan gas.
Sehingga hal tersebut bisa meningkatkan kompresi. tetapi perluasan lubang
pembilasanjuga tersebut harus pada batas-batas yang normal. jika terlalu luas
maka tidak baik juga untuk mesin.
3. Memperbesar Tenaga Listrik
Umumnya
tenaga listrik pada sepeda motor adalah sebesar 6 Volt. Cara membuat laju motor
menjadi lebih cepat, maka dapat dengan memperbesarnya menjadi 12 Volt.
4. Ukuran Ban
Ukuran
ban juga dapat berpengaruh dengan kinerja mesin. Semakin besarnya ukuran ban,
maka akan semakin besar juga kinerja mesinnya. Untuk ukuran ban sepeda motor
alangkah baiknya memilih ukuran yang standart dan aman.
5. Mengurangi Volume Ruang Bakar
Sepeda
motor yang mempunyaii kompresi bahan bakar yang tinggi, maka semakin besar juga
tenaga yang dihasilkan. serta untuk menghasilkan kompresi yang tinggi, cara
yang harus dilakukan adalah dengan mengurangi volume ruang bakarnya.
Yaitu
caranya dengan menggerinda kepala silinder, supaya ruang bakarnya menjadi
berkurang serta kompresinya menjadi semakin meningkat pula.
6. Mengganti Roda Gigi Belakang
Dengan
melakukan penggantian roda gigi belakang dengan ukuran serta diameter
yang lebih kecil, maka dapat membuat kecepatan motor menjadi lebih seimbang dan
tentunya lebih kencang.
7. Rocker Arm
Rocker
Arm atau yang sering disebut dengan lengan penumbuk katup yang berfungsi
untuk melanjutkan pergerakan dari penekan batang atau poros pam, agar katup
dapat membuka ataupun menutup.
Cara
untuk memilih Rocker Arm yang baik, maka sebaiknya yang ringan tetapi kuat.
Untuk pemotongannya usahakan jangan terlalu berlebihan, karena dapat
menyebabkan Rocker Arm menjadi lebih rentan atau mudah patah.
8. Noken As
Noken
as merupakan komponen paling vital pada sepeda motor, agar motor menjadi lebih
kencang bisa dengan menggerus noken as, tentunya dengan ukuran serta batasan
yang sesuai. Karena jika asal-asalan motor malah menjadi berisik dan kurang
nyaman saat dipakai.
9. Memperbesar Ukuran Pistion
Memperbesar
ukuran piston atau biasanya disebut lemer merupakan cara untuk menambah
kecepatan motor, tentunya dengan batasan dan ukuran yang sesuai, dengan
memperbesar ukuran piston tentunya menambah kompresi pada motor. Maka secara
otomatis motor akan menjadi lebih kencang, tetapi bahan bakar juga menjadi
boros.
10. Penggantian Busi
Memang
untuk cara ini tidak menambah kecepatan motor yang signifikan, tetapi lumayan
lah, caranya dengan mengganti busi racing, biasanya merk TDR yang banyak
dipasaran.
11. Setting Karbu
Dengan
cara memperbesar lubang pilot jet dan main jet tentunya dengan ukuran yang pas,
jangan asal besar lubangnya.
12. Penggantian CDI
Pengantian
CDI dillakukan pada sepeda motor baru, karena motor keluaran terbaru mempunyai
batas limit pada CDI nya.
.....................................................................SEKIAN...
Komentar
Posting Komentar