oke gays..
ke sejarah deltabox dulu ya..
pada dasarnya Deltabox adalah bingkai aluminium untuk bingkai motor bermerek Yamaha Ini diperkenalkan pada pembalap pabrik Carlos Lavado dan Martin Wimmer di Assen pada tahun 1985.
Bingkai itu terdiri dari dua potongan berbentuk segitiga (delta), yang disusun dalam bentuk kotak. Bingkai itu segera menyusul Yamaha sporty lainnya dan banyak disalin oleh merek lain. Suzuki datang pada tahun 1985 dengan MR-Albox (Multi Rib Aluminium BOX). Ini adalah bingkai aluminium GSX-R 1100. Juga dari Suzuki adalah DC-Albox (Dual Cell ALuminum BOX). Bingkai ini juga menunjukkan kemiripan yang kuat dengan Deltabox. Ini diluncurkan di Jepang pada tahun 1989 di Suzuki 250 Wolf di Eropa dengan Suzuki RGV 250 Gamma. Pada tahun 1998, frame Deltabox II datang. Inilah penerus Deltabox, dipresentasikan di Yamaha YZF-R1. Deltabox II menghasilkan kekakuan yang lebih besar dan - setidaknya pada R1 - sudut kepala bola yang sangat ekstrem dan aftertake. Deltabox III dipresentasikan pada YZF-R1 tahun 2002. Deltabox III kembali 30% lebih kaku dari Deltabox II. Ada bingkai belakang yang terpasang
Tentang perbedaan DeltaBox yang dikenal teknologi moto gp dengan teknologi pada moto H2R ATAUDeltabox seperti pada Yamaha Vixion dan sasis Turbular (truss frame) seperti pada Honda CB150R..
Oke langsung saja ane bahas gays..
Dalam peluncuran sepeda motor terbaru Yamaha Vixion Advance, Mohammad Masykur selaku Asisten GM Marketing Yamaha Indonesia menjelaskan Vixion telah dibekali teknologi balap Motogp berupa sasis model Deltabox.
Vixion sejak pertama kali keluar telah ditunjang teknologi balap Yamaha yaitu rangka Delta Box yang membuat semakin stabil dan kokoh, dan pastinya sporty.. hahaha..
Dari pelbagai sumber, sasis Deltabox dan Turbular merupakan sasis tipe Diamond. Perbedaan antara dua model sasis itu terletak pada segi bentuk dan karakter sepeda motor.
Menurut pengamat otomotif Iwan Banaran, bentuk sasis Turbular terkesan lebih futuristik dan kekar.
Sedangkan sasis Deltabox terkesan lebih sporty karena memang penggunaan sasis model itu sangat umum di dunia balap motorp. Meski tampak berotot, tampilan motor dengan sasis Deltabox cenderung lebih rapi.
“Tralis [Turbular] lebih ringan, lebih ringkas dan lebih lentur. Kalau Deltabox lebih berat, makan tempat dan juga lebih kaku
Deltabox nyaman digunakan di sirkuit balap atau jalanan yang lengang dan rata. Sebab, sasis yang disebut Honda dengan istilah Twin Spar itu memiliki posisi berkendara racing yang nyaman saat digunakan untuk bermanuver dan menikung dalam kecepatan tinggi.
Sedangkan sasis Turbular yang kerap dijumpai pada motor sport-touring lebih nyaman digunakan di jalanan perkotaan yang cenderung macet dan tidak rata sehingga mengharuskan pengendaranya bermanufer dalam kecepatan rendah.
Komentar
Posting Komentar